Kamis, 29 Maret 2012

Soal Essay OSN kebumian 2010 tingkat provinsi

alo guys, akhirnya ngepost tentang pelajaran juga nihh
kan saya kebetulan ngikut osn kebumian nihh, jadi saling share pengetahuan ajja yahh
semoga bermanfaat ;)

1. Skala mohs adalah skala kekerasan mineral dari 1 (sangat lunak) s.d. 10 (sangat keras) yang dibuat ahli mineralogi jerman, friedrich Mohs, pada tahun 1812. Terdapat 10 mineral yang menjadi pembanding dalam skala tersebut. Dibawah ini terdapat tabel skala mohs yang tersusun secara acak. Lengkapi tabel ini.

Skala kekerasan Mineral
1 ...
... Kalsit
4 ...
7 ...
... Intan
... Gipsum
5 ...
... Ortoklas
9 ...

... Topaz


2. Dari susunan pemetaan geologi, diperoleh penampang stratigrafi batuan, seperti berikut.
a.Urutkan pembentukan batuan dari yang paling tua sampai yang paling mudab.Apakah jenis batuan yang paling mungkin untuk batuan dengan kode A? b.Sebutkan nama batuan yang mungkin membentuk kenampakan seperti itu.
c.Kode I menunjukkan suatu ketidakselarasan. Apa jenis ketidakselarasannya?
d.Disebut apakah struktur geologi dengan kode H, beri alasan atau buktinya.


3.Jika parsel udara dengan suhu 270 C bergerak dari pantai melewati pegunungan dengan ketinggian 2500 m dengan paras kondensasi berada pada ketinggian 1500 m. Berapa derajatkah suhu parsel udara tersebut ketika mencapai pantai laut dibalik pegunungan tersebut? 

Ingat: penambahan/penurunan suhu pada proses adiabatik kering adalah 10 C/100 m, penambahan / penurunan suhu pada proses adiabatik jenuh adalah 0,650 C/100 m. 


4.Titan adalah satelit planet saturnus yang mengorbit dengan lintasan yang berupa lingkaran dengan kecepatan orbit 5595,25 m/s, dan periode orbitnya adalah 15,9 hari.
Hitunglah:
a.Radius orbitnya
b.Massa planet saturnus


Ingat: gunakan rumus kecepatan dan percepatan gerak melingkar serta rumus percepatan akibat gaya gravitasi dan masssa benda. Konstanta gravitasi, G=6,67 x 10-11 Nm2Kg-2 [N=Newton]

5.Terdapat suatu bentukan morfologi bawah laut yang bernama guyot. Apa yang dimaksud dengan guyot? Jelaskan proses pembentukannya, jika perlu dengan gambar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar